Mengapa Berat Badan Saya Turun Drastis?

Mengapa Berat Badan Saya Turun Drastis? – Penurunan berat badan yang tidak terlalu drastis dapat disebabkan karena perubahan pola makan, diet atau olahraga. Jika berat badan anda turun kurang dari 4 kg dalam waktu 10 minggu maka Anda tidak perlu khawatir mengenai penurunan berat badan tersebut. Tapi walaupun masih bisa dikatakan normal, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

turun berat badan secara drastis
Jika penyebab berat badan turun secara signifikan bukan dikarenakan perubahan pola makan, diet dan atau olahraga, mungkin beberapa hal dibawah ini bisa jadi sebagai penyebab turunnya berat badan secara drastis.

Kanker dan Infeksi

Jika penurunan berat badan secara drastis disertai dengan hilangnya nafsu makan atau gejala lainnya, bisa jadi ini merupakan tanda awal kanker atau infeksi yang serius.

Hipertiroidisme

Jika penurunan berat badan secara drastis disertai dengan perasaan gelisah, keringat berlebih, mata bengkak, detak jantung meningkat, tremor, mudah lelah dan tangan gemetar maka kemungkinan penyebab penurunan berat badan tersebut adalah hipertiroidisme.

Tiroid yang terlalu aktif menghasilkan terlalu banyak tiroksin. Hal ini mempercepat tingkat metabolisme tubuh Anda secara drastis.

Pengangkatan kelenjar dan obat anti tiroid dapat membantu menurunkan laju produksi tiroksin. Tapi diagnosis dan pengobatan yang tepat diperlukan untuk mengakhiri masalah Anda.

Diabetes Melitus

Jika penurunan berat badan disertai dengan perasaan sering haus dan lapar, sering buang air kecil, badan lemas, sering ngantuk dan penglihatan kabur maka kemungkinan penyebab drastisnya turun berat badan dikarenakan oleh penyakit diabetes melitus.

Diabetes melitus adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan hormon insulin yang berfungsi untuk menghasilkan energi dari gula dan karbohidrat. Akibat dari kurangnya insulin, tubuh mengolah lemak dan protein dalam tubuh untuk diubah menjadi energi.

Olahraga Berlebih

Jika penurunan berat badan diiringi dengan kegiatan olahraga yang lebih dari biasanya, maka turunnya berat badan secara drastis bisa terjadi karena anda terlalu banyak membakar energi dibanding dengan konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Gangguan Di Pencernaan

Jika penurunan berat badan secara drastis diiringi dengan muntah dan diare terus-menerus atau konstipasi, nyeri perut dan tinja berdarah maka kemungkinan penyebab penurunan berat badan tersebut dikarenakan adanya mikroba dan atau parasit pada usus yang menggerogoti nutrisi atau bisa jadi Anda mengalami peradangan dalam usus, maag atau bahkan kanker usus besar.

Mengidap Penyakit Kronis

Jika penurunan berat badan secara drastis disertai dengan berkeringat sepanjang malam, suhu tubuh mengalami kenaikan, dahak mengandung darah, kelelahan atau merasa tidak enak badan maka penyebab penurunan berat badan secara drastis dapat disebabkan oleh infeksi kronis seperti TBC, HIV atau AIDS atau kanker.

Penyakit Celiac

Sebagian orang tak toleran terhadap gluten. Gluten adalah sejenis protein dalam gandum, barley dan rye. Gluten dapat menghasilkan reaksi kekebalan di usus kecil sehingga mengurangi kemampuannya untuk menyerap nutrisi dan menyebabkan diare. Hingga kini belum ada obat yang pasti untuk penyakit Celiac.

Depresi

Jika penurunan berat badan disertai dengan keluhan hilang nafsu makan, sering melamun, susah tidur, rendahnya semangat, sulit berkonsentrasi dan kehilangan gairah seksual maka kemungkinan penyebabnya adalah depresi.

Topik yang serupa dengan artikel Mengapa Berat Badan Saya Turun Drastis ini, dapat Anda temukan dalam kategori Penyebab Penyakit.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Demam: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi. Silahkan kunjungi artikel Penyebab Penyakit kami yang lain.

Advertisements