Demam: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi

Demam: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi – Demam adalah suatu kondisi dimana suhu tubuh mencapai 38 derajat celcius atau lebih. Hal ini merupakan tanda atau gejala adanya suatu radang atau infeksi. Demam merupakan reaksi tubuh dalam melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh. Paparan terhadap panas dan obat-obatan tertentu juga dapat menimbulkan demam. Untuk memastikan bahwa anda demam atau tidak, gunakan termometer untuk mengukur suhu tubuh secara akurat.

Demam: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi
Dibawah ini beberapa kemungkinan penyebab demam serta ciri dan gejala demam:

– jika demam anda disertai sakit kepala yang hebat, nyeri leher ketika menunduk, sensitif terhadap cahaya terang, mengantuk atau kebingungan, maka kemungkinan penyebab demam tersebut adalah terjadinya meningitis atau inflamasi disekitar otak karena adanya infeksi.
– jika demam yang anda alami disertai dengan batuk dan nafas pendek atau anda mengalami batuk dengan dahak berwarna kecoklatan maka demam yang anda alami kemungkinan disebabkan oleh infeksi pada bagian dada seperti pneumonia. Infeksi ini akan menjadi serius jika kondisi kesehatan anda berada dalam fase mengkhawatirkan. Segera temui dokter.
– jika demam anda disertai dengan batuk berdahak berwarna kuning keabu-abuan maka kemungkinan penyebab demam tersebut adalah bronkitis akut yang disebabkan oleh infeksi virus. Hal yang perlu anda lakukan pertama kali adalah menurunkan demam tersebut kemudian hentikan kebiasaan merokok jika anda adalah seorang perokok. Jika kondisi anda tidak kunjung membaik dalam beberapa hari atau justru mengalami kesulitan untuk bernafas segera berkonsultasi dengan dokter.
– untuk demam yang disertai dengan sakit kepala ringan, batuk, sakit badan dan ingusan maka kemungkinan penyebab demam tersebut adalah infeksi virus seperti flu atau pilek berat.
– jika demam yang anda alami sertai dengan batuk berdarah bisa jadi anda sedang mengalami TBC atau kanker paru paru.
– jika demam yang anda alami disertai dengan benjolan atau pembengkakan pada bagian leher, ketiak atau selangkangan maka bisa jadi hal ini disebabkan terjadinya glandular fever (infeksi mononukleus) atau infeksi viral lainnya. Anda harus mengkonsultasikan hal ini kepada dokter.
– jika anda seorang wanita yang mengalami demam dengan ketidaknormalan cairan vagina tapi tanpa mengalami nyeri pada bagian perut bawah maka demam yang anda alami kemungkinan disebabkan oleh adanya peradangan pada daerah panggul dan organ reproduksi wanita atau adanya penyakit infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual.
– jika anda mengalami demam setelah menghabiskan sebagian besar waktu di bawah terik sinar matahari atau dalam lingkungan dengan kondisi yang panas, maka hal ini dapat anda redakan dengan cara berpindah kedalam ruangan yang lebih dingin dan meminum minuman yang sedikit dingin.
– jika dalam beberapa minggu anda mengalami demam yang disertai dengan penurunan berat badan maka kemungkinan penyebabnya adalah penyakit yang serius seperti TBC, kanker kelenjar getah bening atau AIDS.

Cara Penanganan Demam

Jika anda mengalami demam yang tidak begitu berat, anda dapat mencoba beberapa cara sederhana berikut untuk mengatasi demam yang bisa anda lakukan dirumah yang dikutip dari merdeka.com.

Istirahat
Ketika badan terasa tidak enak, sebaiknya Anda izin untuk tidak masuk kerja dan beristirahat di rumah. Sebab beraktivitas terkadang malah bisa membuat demam semakin parah.

Vitamin C
Jika gejala demam mulai muncul, segera konsumsi vitamin C. Dengan cara tersebut, sistem imun dalam tubuh akan meningkat dan Anda bisa terhindar dari serangan sakit demam.

Balsem Penghangat
Beberapa produk balsem pemghangat sangat membantu untuk memulihkan kondisi tubuh yang sakit demam. Contohnya saja inhaler atau vaporizer yang bisa menghangatkan tubuh ketika demam menyerang.

Mandi air hangat
Mandi air hangat adalah cara alami berikutnya untuk mengobati demam. Selain nyaman dan membuat tubuh rileks, uap dari air hangat akan melancarkan pernapasan saat demam.

Teh lemon madu
Minuman yang paling tepat dinikmati ketika Anda demam adalah teh lemon madu. Kombinasi ketiga hal tersebut mampu membuat demam cepat mereka karena semuanya kaya akan antioksidan tinggi.

Sirop obat batuk
Apakah demam juga disertai dengan batuk? Tidak ada salahnya minum sirop obat batuk. Segala gejala batuk berdahak, kering, atau bersin-bersin biasanya ikut hilang dengan obat tersebut.

Air putih
Ketika sakit demam, penting bagi Anda untuk tetap terhidrasi. Jadi jangan lupa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak-banyaknya.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan dirumah untuk mengobati demam.

Hal yang penting untuk diperhatikan, jika anda mengalami demam yang berlangsung lebih dari 2 hari maka segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendiagnosis penyebab demam anda secara akurat.

Topik yang serupa dengan artikel Demam: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi ini, dapat Anda temukan dalam kategori Penyebab Penyakit.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Keringat Berlebih: Faktor Penyebab dan Tindakan. Silahkan kunjungi artikel Penyebab Penyakit kami yang lain.

Advertisements