Keringat Berlebih: Faktor Penyebab dan Tindakan

Keringat Berlebih: Faktor Penyebab dan Tindakan – Berkeringat merupakan suatu mekanisme yang berguna untuk menyesuaikan suhu tubuh sebagai respon terhadap kondisi panas atau kondisi yang mengeluarkan banyak energi. Banyaknya keringat yang dikeluarkan oleh manusia berbeda antara satu dengan yang lainnya jadi anda tak perlu terlalu khawatir jika anda memiliki keringat yang banyak. Namun yang perlu anda perhatikan adalah munculnya keringat tanpa melakukan suatu aktivitas atau olahraga. Hal tersebut bisa jadi merupakan tanda adanya gangguan medis.

keringat berlebih
Dalam dunia medis istilah keringat berlebih dikenal dengan hiperdrosis. Hiperhidrosis disebabkan oleh kerja kelenjar keringat yang terlalu aktif. Kelenjar keringat tersebut berfungsi mengatur suhu tubuh dan kenjar keringat ini tersebar di seluruh bagian tubuh. Selain menimbulkan efek psikologis, keringat berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit atau iritasi kulit. Permukaan kulit yang selalu basah lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur.

Selain faktor keturunan, keringat berlebih dapat disebabkan oleh hal-hal berikut:

– kelebihan berat badan
– jika anda mengalami keringat berlebih disertai dengan penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas, disertai dengan gelisah mata bengkak dan tangan gemetar maka kemungkinan penyebabnya adalah hipertiroidisme.
– jika anda mengalami keringat berlebih ketika tidur di malam hari dan di sertai dengan batuk selama tiga bulan terakhir atau lebih dan juga disertai dengan penurunan berat badan maka kemungkinan anda mengalami infeksi kronis seperti TBC, HIV/AIDS atau mungkin kanker.
– jika keringat berlebih dialami oleh anda yang berusia lebih dari 45 tahun atau mengalami frekuensi haid yang sudah jarang maka kemungkinan anda anda sedang memasuki masa menopause.
– jika keringat berlebih anda disertai dengan demam lebih dari 38 derajat celcius maka kondisi tersebut merupakan respon tubuh pada demam yang anda derita. Ini merupakan bagian dalam mekanisme mengontrol suhu tubuh.
– jika anda adalah wanita yang mengalami keringat berlebih pada saat haid, hal tersebut disebabkan karena perubahan kadar hormon seksual.
– konsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat menyebabkan keringat berlebih.
– beberapa obat tertentu seperti antidepresan dan aspirin dapat menyebabkan munculnya keringat berlebih.
– jika anda mengalami keringat berlebih hanya pada telapak tangan atau telapak kaki, pada beberapa kasus hal tersebut menunjukkan adanya kerusakan pada sistem saraf yang mengontrol keringat di telapak tangan atau telapak kaki. telapak kaki tangan dan kaki merupakan pusat konsentrasi tinggi dari kelenjar keringat. Cobalah untuk mencuci tangan dan kaki secara rutin.
– Kelebihan keringat juga dapat disebabkan oleh stres, perasaan malu, cemas atau gembira.
– bagi anda yang masih remaja keringat berlebih dapat disebabkan oleh kelenjar apokrin keringat yang menjadi aktif sehingga memicu munculnya keringat berlebih dibagian bawah tangan.

Penanganan Keringat Berlebih

Jika anda memiliki masalah keringat berlebih beberapa tindakan berikut dapat mengurangi visibilitas dan jumlah keringat:

– Pakai pakaian dari bahan yang nyaman dan menyerap keringat.
– jaga lingkungan agar tetap nyaman dan berventilasi.
– hindari makanan dan minuman yang menyebabkan keringat seperti makanan pedas, minuman panas atau minuman yang mengandung kafein dan alkohol.
– kurangi stres kecemasan yang dapat memicu keringat berlebih.
– apabila anda menderita kaki berkeringat cucilah kaki dengan air dingin dan keringkan. Taburkan bedak di telapak dan sela jari kaki. Gunakan sepatu yang berventilasi dan juga pakai kaos kaki berbahan wol atau katun.
– mandi 2 kali sehari dengan menggunakan sabun yang lembut.
– gunakan deodoran yang bebas dari alkohol.

Jika dirasa perlu, berkonsultasilah ke dokter untuk keluhan keringat berlebih anda. Jangan sampai peringatan lewat berkeringat secara berlebihan ini anda abaikan dan berujung pada penyakit yang terlambat untuk dideteksi dan menjadi penyakit kronis.

Topik yang serupa dengan artikel Keringat Berlebih: Faktor Penyebab dan Tindakan ini, dapat Anda temukan dalam kategori Penyebab Penyakit.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Lelah dan Capek Bisa Jadi Gejala Awal Penyakit Serius. Silahkan kunjungi artikel Penyebab Penyakit kami yang lain.

Advertisements