12 Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas Tips Kesehatan

12 Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

12 Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas – Berikut adalah tips-tips agar memperoleh tidur berkualitas untuk kesehatan tubuh Anda.

12 Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas
1. Lakukan olahraga pada siang hari untuk membuat tubuh anda menjadi lelah sehingga membantu anda agar cepat tidur di malam hari dan anda memperoleh tidur yang berkualitas.
2. Hindari meminum kopi, teh, soda dan minuman lainnya yang mengandung kafein pada siang dan sore hari. Zat diuretika yang ada di minuman berkafein merangsang kandung kemih untuk mengeluarkan banyak urine. Kita jadi sering terbangun tengah malam untuk buang air kecil.

3. Hindari meminum alkohol karena mengkonsumsi alkohol berlebih dapat membuat anda terbangun pada malam hari dan susah untuk tidur kembali.

4. Biasakan untuk tidur dan bangun tepat waktu dalam waktu yang sama setiap hari. Jadi, kalau hari ini tidur jam 10 malam dan bangun jam lima pagi, keesokan harinya terapkan jam tidur serta bangun yang sama. Lakukan secara rutin setiap hari dan biasakan tidur selama tujuh sampai sembilan jam setiap harinya.

5. Hindari tidur disiang hari. Tidur siang lebih dari satu jam pada siang hari dapat membuat kita terjaga di malam hari.

6. Hindari konsumsi makanan berat berkalori tinggi pada malam hari. Agar metabolisme tubuh berjalan sempurna, berhenti makan minimal dua atau tiga jam sebelum tidur. Karena proses pengolahan makanan di saluran pencernaan bisa mengganggu kenyamanan tidur.

7. Jika anda bekerja pada malam hari maka hentikan pekerjaan 1 jam sebelum tidur. Disarankan anda membuat jeda antara anda berhenti bekerja dengan saat sebelum anda naik ke atas ranjang anda, minimal ½ jam. Biasanya kita akan mengalami kesulitan untuk tidur jika kita langsung berbaring sehabis bekerja. Dalam waktu jeda tersebut Anda bisa melakukan kegiatan yang dapat membuat diri Anda rileks seperti, mandi air hangat, membaca, mendengarkan musik lembut, atau memakai lotion (bagi wanita).

8. Pastikan kasur anda sangat nyaman dan kamar tidur anda memiliki ventilasi yang bagus. Kasur yang nyaman adalah kasur yang dapat menopang tubuh anda lebih baik sehingga anda merasa jauh lebih nyenyak selama tidur.

9. Minumlah minuman hangat seperti susu atau teh ketika akan pergi tidur.

10. Bagi beberapa orang tidur dengan memeluk guling dapat membuat perasaan lebih nyaman dan tenang.

11. Ganti profil HP atau tablet dengan mode silent dan jauhkan dari jangkauan. Gelombang elektromagnetik dari hape bisa membuat kita sakit kepala, telinga berdengung, dan sulit tidur.

12. Padamkan lampu kamar dan matikan perangkat elektronik seperti laptop, TV, atau radio. Selain hemat energi, cahaya dari alat elektronik bisa mengaktifkan korteks serebal otak (bagian otak untuk berpikir). Efeknya waktu istirahat otak kita jadi kurang berkualitas.

Topik yang serupa dengan artikel 12 Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tips Kesehatan.

Jika Anda ingin membaca kumpulan artikel tentang hewan yang berkhasiat dalam pengobatan, silahkan klik Manfaat dan Khasiat Hewan untuk kesehatan. Silahkan kunjungi artikel Tips Kesehatan kami yang lain. Semoga bermanfaat.

To top