Lelah dan Capek Bisa Jadi Gejala Awal Penyakit Serius

Lelah dan Capek Bisa Jadi Gejala Awal Penyakit Serius – Lelah merupakan suatu efek yang normal setelah lama melakukan suatu pekerjaan yang berat atau setelah melakukan suatu pekerjaan yang banyak mengeluarkan tenaga tanpa disertai dengan istirahat yang cukup.

lelah
Cara termudah yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan capek atau lelah yaitu dengan istirahat sebentar. Menghilangkan rasa capek dan rasa lelah pada tubuh anda dapat dilakukan dengan beberapa cara sederhana seperti:

– Biasakan untuk sarapan pagi sebelum memulai aktivitas anda.
– Makanlah dengan teratur dengan makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.
– Makanlah makanan yang mengandung serat.
– Minumlah air 8 gelas sehari atau lebih.
– Mendengarkan musik yang anda sukai setelah selesai beraktivitas.
– Melihat acara komedi atau hiburan.
– Membasuh wajah dengan air dingin.

Perasaan capek umumnya juga terjadi setelah anda mengalami sakit menular seperti flu dan demam yang berlangsung selama dua atau tiga minggu. Jika anda tidak mengetahui penyebab terjadinya kelelahan maka sebaiknya anda mengurangi atau menghentikan kegiatan harian anda. Segera hubungi dokter jika kelelahan tanpa sebab ini terjadi berkepanjangan karena mungkin terjadi indikasi masalah kesehatan yang serius.

Perasaan lelah dapat terjadi kepada orang yang menderita penyakit diabetes. Selain tubuh terasa lelah diabetes juga sering disertai dengan gejala merasa sering haus, buang air kecil lebih dari biasanya, dan penglihatan terasa kabur.

Jika capek dan lelah tersebut disertai dengan kehilangan berat badan dalam beberapa minggu terakhir tanpa melakukan olahraga maka anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter karena anda sedang mengalami gangguan kesehatan yang membutuhkan pengobatan dan perawatan yang intensif.

Hipotiroidisme juga dapat menyebabkan kelelahan. Hipotiroidisme adalah penyakit yang disebabkan karena kurang aktifnya kelenjar tiroid. Gejala penyakit ini sering disertai dengan tubuh yang merasa kedinginan, rambut yang menipis dan rapuh, berat badan yang tidak menentu, atau kulit kering dan kasar.

Penyakit anemia juga dapat menyebabkan kelelahan. Anemia adalah penyakit yang disebabkan karena kurangnya kadar hemoglobin dalam darah yang mengakibatkan kurangnya kadar oksigen di dalam darah. Selain perasaan lelah, anemia juga disertai dengan keluhan nafas pendek, wajah pucat dan tubuh terasa lemas.

Mengkonsumsi obat tertentu seperti beta blockers dapat menyebabkan rasa lelah dan efek samping lainnya.

Perasaan lelah juga bisa disebabkan oleh psikologis. Umumnya hal tersebut disebabkan oleh depresi. Gangguan lain yang disebabkan oleh depresi dapat berupa merasa sulit berkonsentrasi, susah tidur, kehilangan semangat dan kehilangan gairah seksual.

Topik yang serupa dengan artikel Lelah dan Capek Bisa Jadi Gejala Awal Penyakit Serius ini, dapat Anda temukan dalam kategori Penyebab Penyakit.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Tidak Enak Badan? Cari Tau Penyebabnya Disini. Silahkan kunjungi artikel Penyebab Penyakit kami yang lain.

Advertisements