Manfaat dan Khasiat Telur Bebek Serta Kandungan Gizi Telur Bebek

Manfaat dan Khasiat Telur Bebek Serta Kandungan Gizi Telur Bebek – Beberapa orang percaya bahwa telur bebek memiliki khasiat penyembuh. Seperti halnya telur ayam kampung, manfaat telur bebek juga dinilai mampu mengatasi masalah vitalitas seksual kaum pria. Mencoba mengonsumsi telur bebek yang dapat meningkatkan gairah seks pernah dibenarkan oleh Dr. Bambang Sukamto dari On Clinic Jakarta. Ini dikarenakan telur bebek banyak mengandung lemak dan protein yang mampu mendorong perkembangan hormon testosteron serta sperma. Itulah mengapa khasiat telur bebek baik untuk meningkatkan kinerja seks pria.

manfaat dan khasiat telur bebek
Mengenai manfaat telor bebek memang diyakini bisa dijadikan alat bantu menyembuhkan lemah syahwat. Namun, agar kasiat telur bebek tersebut bisa maksimal, sebaiknya yang dipilih adalah telor dari bebek kampung atau bebek yang dipelihara dengan cara alami, bukan dari peternakan bebek besar yang kemungkinan telah terkontaminasi zat kimia.

Para penderita lemah syahwat sebaiknya mengonsumsi dua butir telur sehari, diminum dengan campuran madu alami serta sayuran atau makanan yang mengandung zinc seperti kerang dan tiram. Makanan yang mengandung zinc membantu pertumbuhan hormon testosteron dan sperma.

Untuk variasi menu, kita juga dapat mencoba tradisi ala budaya Minang, yaitu: “Teh telur” dengan meramu khasiat telor bebek bersama teh manis. Caranya dengan menggunakan satu kuning telur bebek yang diberi gula sebanyak dua sendok makan lalu dikocok di dalam gelas lebih kurang 10 sampai 15 menit. Berikutnya tuang air teh panas. Orang Minang percaya, ramuan ini mampu mendongkrak libido dan gairah seks.

Sayangnya bagi penderita diabetes atau gangguan ginjal penggunaan ramuan ini justru malah bisa menyebabkan impotensi dan gangguan lain. Tetapi jika Anda tidak menderita kedua hal tersebut, maka lanjutkan dan rasakan khasiat dan manfaat telur bebek tersebut.

kandungan gizi telur bebek
Berikut perbandingan kandungan gizi telur bebek dan telur ayam yang dikutip dari carakhasiatmanfaat.com:

Telur itik mengandung nutrisi dua kali lebih banyak daripada telur ayam, dan memiliki cangkang lebih tebal sehingga lebih awet masa simpannya. Hanya telur bebek yang baik untuk dibuat telur asin, karena selain cagkangnya lebih kuat, juga lebih besar, lebih kenyal, dan lebih enak hasilnya.

Telur itik lebih kaya akan Albumin, sehingga lebih pulen dan kering jika untuk membuat kue. Telur Bebek mengandung lebih banyak asam lemak Omega 3, yang penting untuk meningkatkan kesehatan otak dan kulit.

Telur Bebek lebih alkali, yaitu bisa membuat kondisi lebih basa. Ini merupakan manfaat yang besar bagi pasien kanker, karena sel-sel kanker tidak bisa berkembang dalam lingkungan alkali. Telur ayam justru membuat tubuh lebih banyak asam . Orang yang biasa alergi jika makan telur ayam, maka Telur itik tidak akan menimbulkan reaksi alergi bagi mereka.

Bebek biasanya diberi makan dengan jalan diangon dan diberi pejantan, sehingga telurnya lebih organik. Sementara telur ayam peternakan bertelur menggunakan obat (tanpa pembuahan), serta kemungkinan juga mengandung antibiotik dan obat-obatan lain. Jadi jelas, jika telur bebek lebih sehat.

Telur bebek memiliki perbandingan nutrisi 6x Vitamin D, Vitamin A 2x , dan 2x kandungan kolesterol daripada telur ayam. Vitamin E dalam telur bebek lebih banyak sekitar 75 % dari pada Vitamin E dalam telur ayam. Kabarnya juga telur itik lebih  tinggi vitamin K2, lebih tinggi kalori dan lemak untuk kuantitas berat yang sama.

Kuning telur bebek lebih gelap, ini menunjukkan kepadatan nutrisi yang lebih tinggi. 100 gr telur itik menyediakan sekitar 185 KCal energi, dan telur ayam adala149 KCal energi. Jadi jika Anda makan telur bebek, maka akan mendapat keuntungan selisih energi 34KCal. Kedua jenis telur ini memiliki kandungan karbohidrat yang sama, namun kadar protein sedikit lebih tinggi telur itik dibandingkan dengan telur ayam.

Dalam hal kandungan mineral keduanya sama yaitu selenium, mangan, seng, tembaga, kalium, natrium, fosfor, kalsium dan zat besi, hanya saja kadarnya lebih tinggi sedikit untuk  telur bebek.

Kedua jenis telur ini juga mengandung Vitamin B kompleks, vitamin D dan vitamin A, namun lebih banyak untuk telur bebek.

100 gm telur bebek mengandung sekitar 3,68 gram lemak jenuh, jauh lebih banyak dari telur ayam yang hanya 3,1 gr dalam telur ayam. Sementara itu kandungan lemak tak jenuh tunggal(lemak baik) telur bebek sekitar 50 % lebih banyak dari telur ayam.

Profil kandungan asam amino sama untuk kedua telur, akan tetapi telur bebek masih lebih banyak. Asam amino adalah termasuk  treonin, isoleusin, trytophan, leusin, metionin, lisin, sistin, tirosin, fenilalanin, valin, serin, glisin, prolin, asam aspartat, histidin, alanin, dan arginin.

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat dan Khasiat Telur Bebek Serta Kandungan Gizi Telur Bebek ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda ingin mengetahui tentang tumbuhan dan tanaman yang berkhasiat sebagai obat, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

loading...